Belajar SEO adalah kebutuhan yang mutlak bagi blogger yang ingin mendapatkan konversi dari blog mereka. Panduan SEO di bawah adalah dasar SEO untuk mendapatkan trafik dari mesin pencari.

Untuk mendapatkan trafik sekarang ini, sebenarnya tidak harus dengan SEO. Kita bisa memanfaatkan social media, istilah kerennya SMO (Social Media Optimization).

 

Tetapi…

Yang ideal menurut saya adalah 70% SEO dan 30% SMO. Persentase tersebut mungkin berbeda untuk setiap niche blog.

Kenapa blog saya tidak kunjung mendatangkan trafik?

Padahal pada kenyataannya kita telah merasa sempurna dan mengikuti “how-to..” seperti menulis yang baik, menulis untuk manusia, dll.

Apa yang salah?

Tentunya ada yang salah, anggaplah tulisan kita sudah sempurna. Tentunya yang salah adalah mereka tidak menemukan tulisan kita.

Dasar SEO

Belajar SEO

Saya asumsikan telah membaca, kenapa seorang blogger gagal?

Yup, bisa karena over SEO atau tanpa SEO.

Agar calon pembaca bisa menemukan tulisan kita, cara pertama kita bisa memberi tahu mereka dengan memberikan link atau cara kedua kita melakukan SEO.

Saya rasa untuk cara pertama sulit, karena kita tidak tahu siapa saja yang membutuhkannya. Yang paling mungkin adalah cara kedua.

Yang kita harapkan adalah membuat trafik yang berkualitas, maksudnya adalah trafik yang bukan sekali datang. Cara melakukan tersebut adalah memberi mereka apa yang mereka cari, lalu pastikan mereka merasa puas.

Bagaimana saya tahu mereka datang lagi dan merasa puas?

Ini pentingnya memakai Google Analytic dan Google Webmaster Tools. Saran pertama saya adalah segera pasang Google Analytic dan Google Webmaster Tools jika kamu belum memasangnya.